Penjabaran Lambang SAR Nasional

Hay Guys,.. Kalian suka memperhatikan loga sekitar kalian ga?? 
Kalau kalian sudah lama dalam pendakian, dan berkecimplung dalam sosialisasi bencana. Kalian pasti gabung sama tim SAR kan,..?? Kalian tahu nggak kalau di lambang tersebut ada bahasa yang kalian nggak mengerti.

Coba perhatikan lambang ini :

Adakah yang aneh dalam logo tersebut?
Bahasa itu ,..?? Yup, AVIGNAM JAGAT SAMAGRAM
Kalian tahu nggak itu bahasa apa?? Avignam Jagat Samagram. Apa itu ? kebanyakan ini menjadi pertanyaan dibenak para Pecinta Alam yang baru saja bergabung di SAR atau baru bergabung di Komunitas Pecinta Alam. Kata – kata itu sebenarnya bukan bahasa Indonesia tapi bahasa Sansekerta. Jika anda pernah mengikuti SAR Nasional atau menjadi anggota SAR Nasional. Coba Anda lihat pada logo SAR tersebut di dalam lingkaran ada tulisan Avignam Jagat Samagram. Daripada penasaran langsung kita bahas aja ya … Avignam Jagat Samagram Artinya kira-kira, ” Semoga Selamatlah Alam Semesta”.Ada pula yang mengartikan,”Damailah Bumiku dan Seisinya”. Atau yang pernah saya terima dari teman-teman, arti motto SAR itu adalah “Selamatlah Manusia di Seluruh Dunia”. Tapi intinya sama, keselamatan bagi semua.

Ah nanggung guys kalo menjelaskan itunya aja kita jabarin lagi yah,..

Nah kalau diperhatikan lagi ada bintang diatas logo tersebut itu maksudnya apa yah?
Kalau  bintang yang berjumlah lima itu adalah gambaran Pancasila sebagai pendangan bangsa kita ini. yang mana pada sila kedua ialah "Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab" merupakan ciri khas tugas SAR Nasional yang selalu berkaitan dengan keempat sila lainnya.

Selain warna dasar Kuning Hijau pada logo tersebut ternyata ada makna tersendiri loh Guys,..
Warna kuning hijau ialah warna "pare anom" yang jika dikaitkan pada sejarah dan tradisi bangsa Indonesia, yang menandakan kesuburan Tanah Air kita yang diperuntukkan kesejahteraan rakyat. Wilayah Indonesia dari Sabang hingga Merauke terdiri dari pulau - pulau atau kepulauan pada posisi silang antara dua benua dan dua samudra, dengan mengandung kekayaan bumi dan air bangsa kita ini.
Terus kalau tulisan SAR Nasional dengan warna merah itu mengartikan ketegasan dalam melaksanakan tugas kemanusiaan yang meliputi seluruh wilayah dengan tekad para petugasnya untuk bertindak dengan cepat, tepat dan berani setiap saat diperlukan.

Dan ada lagi di atas SAR yaitu BASARNAS. Adapun lambang dari BASARNAS, rinciannya gini guys,..




1. Delapan penjuru mata angin dengan warna merah putih mengandung arti dan makna bahwa Badan SAR Nasional dalam mengemban tugas di bidang kemanusiaan senantiasa menitikberatkan pada kecepatan dan ketepatan serta dilaksanakan dengan penuh ketulusan (warna putih) dan keberanian (warna merah).

2. Awan, gunung dan 5 ombak di laut mengandung arti dan makna bahwa dalam menjalankan tugasnya Badan SAR Nasional melingkupi segala medan tugas; Awan menggambarkan lingkup medan tugas udara, gunung menggambarkan lingkup medan tugas darat, ombak di laut menggambarkan lingkup medan tugas di air yang dilandasi dengan kelima sila dalam Pancasila.


3. Pita bertuliskan ”INDONESIA” mempunyai arti bahwa Badan SAR Nasional merupakan lembaga pemerintah Indonesia yang melaksanakan tugas pencarian dan pertolongan.


Nah kalian jadi mengertikan apa arti darti lambang itu.
kalian tau BASARNAS itu apa? baca disini http://goo.gl/xzgxQa
Oke sekian dari kami

Kutipan diambil dari
http://www.basarnas.go.id/index.php/halaman/33/arti-lambang
http://www.faktarakyat.com/2011/01/arti-lambang-badan-sar-nasional.html
http://f-knowledges.blogspot.com/2012/05/definisi-team-sar-basarnas.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Badan_SAR_Nasional
http://okpganespa.blogspot.com/2010/09/hakikat-search-and-rescue-sar.html
https://alangalangkumitir.wordpress.com/kamus-sansekerta-indonesia/