Cara Mengetahui Arah Dengan Tumbuhan

Cara mengetahui arah dengan tumbuhan adalah salah satu cara dalam seni survival. Hal tersebut selayaknya Anda ketahui saat berada di tengah alam bebas. Dan apabila Anda tidak mengetahui arah bukan berarti Anda harus menyerah karena keadaan.

Orang biasanya ketika tersesat hal yang paling di butuhkan adalah arah, karena dengan arah kita akan mengetahui kemana kita pergi, makanya kita biasa mengunakan kompas. Namun ketika ketiadaan kompas sebagai penunjuk arah, kita masih bisa mengetahui arah dengan tumbuhan di sekitar kita.

www.belantaraindonesia.org

1. Lebatnya Pepohonan
Sebagaimana kita tahu, bahwa pohon membutuhkan fotosintesis untuk menyuplai nutrisi. sebagai faktor utama fotosintesis adalah Matahari, olehkarenanya pohon akan selalu mengarah ke datangya sinar Matahari. kalau dilihat maka pohon atau dedaunan yang lebih lebat akan mengarah ke datangnya Matahari, dengan demikian lebatnya pohon itu mengarah ke timur dimana asupan Matahari akan lebih banyak dari timur.
www.belantaraindonesia.org

2. Tumbuhan Lumut
Senada dengan lebatnya pepohonan, maka tempat dimana tumbuhnya lumut akan mengarah ke barat. kenapa? karana lumut membutuhkan kelembaban, ia menyerap air tidak dari tanah secara langusung melainkan dari media yang berair ( lembab ) oleh karenanya lumut akan menghindari Matahari secara langsung, ia  akan menunjukan arah barat dimana sinar Matahari lebih rendah ketika sore daripada pagi hari.