Cara Memasak Air Tanpa Panci

Cara memasak air tanpa menggunakan panci mungkin sangat diperlukan dalam kondisi tertentu. Bisa di gunakan saat jauh dari basecamp, atau saat Anda tersesat tanpa membawa alat memasak, bisa juga barang untuk memasak Anda lupakan untuk di bawa dalam kegiatan di tengah alam terbuka.



www.belantaraindonesia.org

Pada dasarnya panci ( dan sejenisnya ) adalah alat yang ringan namun memakan ruang, oleh karenanya tidak semua orang mungkin akan membawanya dalam satu kelompok. Namun, Anda perlu untuk merebus air. Memasak nasi atau mie, membuat teh, mensterilkan air minum, apapun yang memerlukan air mendidih. Jadi inilah cara sederhana untuk melakukannya.

Yang Anda butuhkan adalah :

  • Plastik atau tas kulit ( apa pun yang mampu menahan air dan tidak mudah meleleh ketika kena api )
  • Api ( ini hal yang paling perlu! )
  • Tongkat ( kayu bakar )
  • Batu yang cukup bersih
  • Sarung tangan, untuk melindungi tangan anda.
Bangunlah sebuah api ( unggun kecil ) kemudian tempatkan beberapa batu di sekitarnya. Kemudian masukkan air ke dalam plastik yang telah di sediakan.

Disinilah logikanya, kalau memasak menaruh air di atas api. Karena kita tidak memiliki panci, maka batu batu yang panas tersebut Anda masukkan kedalam air yang telah di tempatkan kedalam pastik. Batu - batu tersebutlah yang akan mendidihkan airnya, namun ingat. Batu tersebut harus bersih terlebih dahulu. Selamat mencoba.