Cegah Hawa Dingin di Gunung

Cegah hawa dingin di gunung adalah hal yang diperlukan bagi para penyuka kegiatan pendakian gunung. Hawa dingin, tentu harus ada saat di gunung. Tetapi kita bisa mencoba tips berikut ini untuk sedikit atau banyak mencegah hawa dingin di gunung. Yang utama adalah persiapan sebaik mungkin agar rasa dingin bisa teratasi.



www.belantaraindonesia.org

Penyesuaian diri
Beradaptasilah dengan lingkungan di pegunungan. Proses yang disebut Aklimatisasi ini perlu dilakukan setelah tubuh merasa cocok barulah mulai mendaki.

Jaket anti air
Pakailah baju yang dapat menahan panas tubuh, Memakai jaket tebal sangat diperlukan. Sangat disarankan untuk membawa jaket yang berjenis anti air karena biasanya lapisan luarnya terbuat dari bahan polar.

Slepping Bag
Untuk mendapatkan kehangatan saat tidur, gunakanlah Sleeping Bag. Barang ini merupakan yang paling penting untuk dibawa, karena dapat menambah kehangatan saat tidur selain dari jaket.


Jangan bawa baju bahan Jeans
Bahan Jeans sangat berat utnuk dibawa mendaki, Jeans akan membuat Anda tambah kedinginan karena sifatnya yang bisa menyerap dingin.

Buat api unggun 
Sambil mendaki kumpulkan ranting pohon untuk membuat Api Unggun saat malam hari. Ini akan membantu menghangatkan tubuh Anda

Lakukan peregangan
Saat istirahat mendaki lakukan peregangan otot, peregangan juga membantu mengusir rasa dingin.