Nomophobia (No Mobile Phone Phobia)

Semakin lama tahun bertambah kemajuan teknologi pun pesat jauh layaknya kehidupan dengan teknologi itu berlomba. Beberaapa perusahan selalu mengoptimalkan teknlogi untuk perusahaan mereka, tak hanya itu para pegawainya pun harus mengikuti perkembangan zaman yang dimana mereka dituntut  untuk memiiki bererapa teknologi yang cukup canggih.

Salah satunya mobilephone atau Handphone. Dalam beberapa perusahaan besar beberapa pegawainya di haruskan menggunakan smartphone seperti iphone, BlackBerry atau smartphone lainya. Lalu ada persimpangan dari fungsi handphone itu sendiri, yang seharusnya untuk bekerja menjadi untuk chating sesama rekan kerja sampai digunakan untuk meng-update jejaring soosial seperti BlackBerry Msg, Facebook, Twitter, Tumblr, Ymail, Gmail, Line, WhatsApp, Skype dan lain - lain.

Semakin lama menjadi terbiasa untuk sekedar melihat status - status baru di dalam smartphone tersebut. Di setiap saat, setiap tempat, kapan saja, dimana saja (perasaan sama saja, Never Mind), baik pagi di ranjang, saat makan siang di tempat makan, sedang jalan dari kantor menuju rumah, bahkan hingga di toilet sedang ***sensor***.

Dari kebiasan - kebiasan tersebut yang menjadi kebiasaan wajar bagi mereka. Namun, disaaat Mobile Phone sedang di perbaiki atau rusak dan harus menunggu dalam beberapa hari akan muncul rasa gelisah yang berlebih atau bahkan strees. Ini-lah  yang disebut Nomophobia atau No MobilePhone Phobia. Apa sih No MobilePhone Phobia atau Nomophobia??

Nomophobia yaitu  rasa takut yang keluar dari kontak ponsel, karena kita selalu tergantung kepada phonecell. Dalam beberapa kasus yang telah diteliti oleh para ahli psikolog dengan men-survey di beberapa daerah Spain (Spanyol). Dengan 15 orang  menyebrangi sebuah kolam renang dengang kedalaman 2 meter dan meningalkan handphone mereka di sisi lain kolam renang. Dan sungguh mengejutkan 14 dari mereka menyerah lebih dahulu dengan alasan " Takut ketinggalan status teman-teman mereka dalam social media" .

Dan di Inggris, UK-based reserch organisation melihat 53% pengguna Phonecell di Inggris cenderung cemas ketika mereka "keilangan Handphone mereka, kehabisan baterai atau kredit, atau tidak memiliki signal". Studi ini menemukan bahwa sekitar 58% pria dan 48% wanita mendrita fobia dan tambahan 9%  merasa strees ketika phonecell mereka mati atau tidak aktif. Penelitian sampel 2.163orang dan 55% dari mereka yang disurvei dikutip tetap berhubungan dengan teman atau keluarga sebagai alasan utama bahwa mereka dapat cemas ketika mereka tidak dapat menggunakan phonecell mereka. Study tingkat stres dibandingkan yang disebabkan oleh kasus rata-rata nomophobia akan di setarakan dengan orang-orang dari "wedding day jitters". Sepeluh persen dari mereka yang di tanyai mengatakan mereka perlu  di hubungi  setiap saat kerena pekerjaan . hal ini, bagaimanapun, dikatakan bahwa kata "phobia" disalahgunakan dan bahwa dalam kebanyakan kasus itu hanya kecemasan normal. lebih dalam satu dari dua nomophobes pernah mematikan phonsel mereka. Penelitian dan cakupan berikutnya fobia mengakibatkan dua kolom editorial yang ditulis yaitu orang-orang yang meminimalkan penggunakan phonecell mereka atau untuk tidak memiliki sama sekali , atau merawat kodisi tersebut dengan nada ringan atau tidak langsung percaya dan amusement.

Lalu Bagaimana dengan Indonesia yang hampir seluruh penghuninya menggunakan phonecell dan pengguna phoncell di dunia? Dan riset membuktikan 75% dari mereka akan gelisah jika tidak ada signal   dan berada jauh dari handphone walau tidak memiiki pulsa, walau hanya sekedar untuk melihat status pada social media atau wechat.
Lalu bagaimana solusinya? Berterapi dengan cara memaksakan jauh dari phoncell mereka.

Bagaimana dengan anda apakah anda terkena No Mobile Phone Phobia? Cobalah dengan terapi diatas.






Dikutip dari
  1. ^ "Nomophobia is the fear of being out of mobile phone contact - and it's the plague of our 24/7 age | Mail Online". Dailymail.co.uk. 2008-03-31. Retrieved 2011-08-10.
  2. a b Charlie D'Agata Nomophobia: Fear of being without your cell phone. CBS News. April 3, 2008
  3. ^ Archana Jayakumar (April 3, 2008). "Break free from Nomophobia, drunkorexia". Mid-day.com. Retrieved 2011-08-10.
  4. ^ "Nomophobia is the fear of being out of mobile phone contact - and it's the plague of our 24/7 age | News". Thisislondon.co.uk. April 1, 2008. Retrieved 2011-08-10.
  5. ^ Dixit, Sanjay; Shukla, Harish; Bhagwat, AK; Bindal, Arpita; Goyal, Abhilasha; Zaidi, Aliak; Shrivastava, Akansha (2010). "A Study to Evaluate Mobile Phone Dependence Among Students of a Medical College and Associated Hospital of Central India"Indian Journal of Community Medicine 35 (2): 339–41. doi:10.4103/0970-0218.66878PMC 2940198.PMID 20922119.
  6. ^ "13m Britons have 'no mobile phobia'". Metro.co.uk. 2008-03-30. Retrieved 2011-08-10.
  7. ^ "SocialTechPop"Nomophobia vs Gnomophobia. Retrieved 20 February 2012.
  8. ^ My Name Is Mo R., And I Am A Nomophobe, CBSnews.com. February 11, 2009. Retrieved August 2011
  9. ^ "I refuse to carry a mobile phone | The Sun |News". The Sun. 2008-04-01. Retrieved 2012-01-05.
  10. ^ Column: Nomophobia: "No more phobia". siude.com. March 4, 2008